Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Haji PT Travel Umrah Dan Haji Di Provinsi Lampung

Penulis

  • Fitri Andriyani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Alifa Pringsewu, Indonesia
  • Allan Harris Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Alifa Pringsewu, Indonesia
  • Muhammad Faizal Reza Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Alifa Pringsewu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70371/jseht.v2i1.70

Kata Kunci:

Kata kunci; kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, penghematan haji

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana kualitas pelayanan dan kualitas produk tabungan haji yang diberikan kepada nasabah sehingga nasabah merasa puas dan tidak beralih ke bank lain. Karena kepuasan pelanggan menjadi hal utama dalam penelitian ini. Semakin tinggi kualitas pelayanan dan kualitas produk tabungan haji yang diberikan maka semakin tinggi pula kepuasan nasabahnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang berisi pernyataan dan pertanyaan kepada 100 orang nasabah tabungan haji. Berdasarkan hasil penelitian regresi linier berganda terlihat dari koefisien regresi linier berganda sebesar 0,270 dapat dikatakan terdapat pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.

Referensi

Amri, A. (n.d.). Travel Penipuan Umrah Cabang Bandar Lampung Berangkatkan Jamaah pada Januari - Rmollampung.Id. Retrieved October 29, 2023, from https://www.rmollampung.id/travel-penipuan-umrah-cabang-bandar-lampung-berangkatkan-jamaah-pada-januari

Azzam, Abdul Aziz Muhammad dan Abdul Wahab Sayyed Hawwas. (2009). Fiqih Ibadah. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Aziz Zakiruddin, M. (2021). Dynamics Of Hajj Financial Management Regulation In Efforts To Good Governance. Jurnal Ilmiah Mizani: Wacana Hukum, Ekonomi, Dan Keagamaan, 8(2), 147–160. https://doi.org/10.29300/MZN.V8I2.5387

Fakhmy, E. K. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dan implikasinya terhadap citra merek produk jasa tabungan iB Muamalat haji dan umrah. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 267–278.

Hasan, A. (2010). Marketing bank syariah: Cara jitu meningkatkan pertumbuhan pasar bank syariah / Ali Hasan. Ghalia Indonesia.

Istikomah, I. (2017). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Jasa Perbankan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus BTN Syariah Cabang Surakarta). Skripsi. Surakarta, Institut Agama Islam Negeri.

Kusnandar, V. B. (n.d.). Mayoritas Penduduk Lampung Beragama Islam pada 2021. Retrieved October 29, 2022, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/01/mayoritas-penduduk-lampung-beragama-islam-pada-2021

Laporan Perekonomian Provinsi Lampung Mei 2023. (n.d.). Retrieved October 29, 2023, from https://www.bi.go.id/id/publikasi/laporan/lpp/Pages/Laporan-Perekonomian-Provinsi-Lampung-Mei-2023.aspx

Marak Penipuan Travel Umrah, Kemenag Lampung Ingatkan Masyarakat Hati-Hati. (n.d.). Retrieved October 29, 2023, from https://diskursusnetwork.com/2023/04/03/marak-penipuan-travel-umrah-kemenag-lampung-ingatkan-masyarakat-hati-hati/

Noor, M. (2018). Haji dan Umrah. Jurnal Humaniora Teknologi, 4(1). https://doi.org/10.34128/jht.v4i1.42

Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1–22. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/766

Suliyanto. (2009). Metode Riset Bisnis, Edisi.2. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Umar, Husein. (1997). Studi kelayakan bisnis : manajemen, metode dan kasus / oleh Husein Umar. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-12

Cara Mengutip

Andriyani, F., Harris, A. ., & Reza, M. F. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Haji PT Travel Umrah Dan Haji Di Provinsi Lampung. Jurnal Ekonomi Syariah Dan Pariwisata Halal, 2(1), 21–26. https://doi.org/10.70371/jseht.v2i1.70

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama