Pengaruh Kepatuhan Syariah dan Transparasi terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Pembiayaan Murabahah (Study Pada BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Lampun Tengah)
DOI:
https://doi.org/10.70371/jseht.v1i2.60Kata Kunci:
Kepatuhan Syariah, Transparansi, Keputusan Nasabah, Pembiayaan MurabahahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepatuhan syariah dan transparansi, terhadap keputusan nasabah menggunakan pembiayaan murabahah di BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data diperoleh dengan menyebarkan kuisoner kepada nasabah yang melakukan pembiayaan murabahah di BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, dan diperoleh 75 responden. Metode analisis data menggunakan regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 24. Hasil Uji t pada variable kepatuhan syariah diperoleh nilai t-hitung sebesar 1,231 dengan probabilitas (p) = 0,011 disimpulkan bahwa Kepatuhan Syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembiayaan, kemudian pada variable transparansi diperoleh nilai t-hitung sebesar 2,708 dengan probabilitas (p) = 0,035 disimpulkan bahwa Transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembiayaan.
Referensi
Alma, B., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta.
Anggraini, R., Sari, N., Syariah, P. M., Syariah, P., Syariah, K., Citra, T., Syariah, B., & Pt, D. I. (2021). Pengaruh Merek Syariah, Pelayanan Syariah, dan Kepatuhan Syariah Terhadap Citra Bank Syariah di PT. Bank Syariah Mandiri Kota Sabang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 3,1, 30–45.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Peneletian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bananuka, J., Kasera, M., Najjemba, G. M., Musimenta, D., Ssekiziyivu, B., & Kimuli, S. N. L. (2020). Attitude: mediator of subjective norm, religiosity and intention to adopt Islamic banking. Journal of Islamic Marketing, 11(1), 81–96. https://doi.org/10.1108/JIMA-02-2018-0025
Bolita, F., & Murtani, A. (2021). Analisis Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Muzakki Membayar Zakat Pada BAZNAS Sumatera Utara. Jurnal Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 1–11.
Cahyaningrum, R. D. (2016). Pengaruh Kepatuhan Syariah, Promosi, Dan Nilai Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di BSI KCP Pekalongan Kajen Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. In Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Eliza. (2019). Pengaruh Tingkat Margin Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Murabahah Pada BPRS Gajahtongga Kotopiliang Kota Sawahlunto. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 21(1), 143–153.
Fikri, M. K., & Najib, A. A. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Transparansi dan Akuntabilitas terhadap Minat dan Keputusan Muzakki Menyalurkan Zakat, di (LAZISNU) Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 1(2), 106–121. http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/JPSDa/article/view/890
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8 cetakan). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gumanti, A. T. (2018). Metode Penelitian Keuangan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Hidayatullah, S. (2020). Pengaruh Penerapan Transparansi, Akuntabilitas dan Responsibilitas Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Di Lembaga Keuangan Mikro Syariah (Studi Kasus Di KSPPS BMT Al-Hijrah Bukittinggi). In Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi, Sumatera Barat.
Ikhsan, & Ridho, B. L. (2021). Praktikum Metode Riset Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Ilyas. (2014). Pengaruh Kepercayaan Nasabah Terhadap Keputusan Pemilihan Perbankan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Sinjai Di Kabupten Sinjai. Jurnal Ilmiah Administrasi, 7,1, 101–114.
Janwari. (2015). Lembaga Keuangan Syariah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kusmaningrum, D., Yusrifal, M., Mumtazah, P. . N., & Fuad, Y. (2021). Urgensi Penerapan Kepatuhan Syariah Pada Perbankan Syariah. Dinamika Ekonomi Jurnal Ekonoki Dn Bisnis, 14(2), 403–415.
Mardani. (2016). Hukum Sistem Ekonomi Isam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muhammad. (2000). Sistem dan Prosedur Operasional Bank Syariah. Yogyakarta: UII Press.
Mutia, E. (2017). Pengaruh Referensi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Pembiayaan Murabahah Pada BMT Al-Aqobah Palembang. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang.
Ningsih, A. R., Azib, & Eprianti, N. (2019). Pengaruh kepatuhan syariah ( sharia compliance ) terhadap operasional risiko pembiayan pada perbankan syariah ( studi kasus 5 bank umum syariah menurut nilai aset tertinggi ) the effect of sharia compliance on operational risk of financing in sharia banki. Prosiding Keuangan Dan Perbankan Syariah, 5(1), 84–90.
Qorizah, A., & Setiawan Prabowo, P. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil KPR Syariah Bank Jatim Syariah Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 149–161. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jei/
Rahmawati, A. (2019). Pengaruh Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating (Studi pada Masyarakat Muslim Boyolali yang Menabung di Bank Syariah) [Institut Agama Islam Negeri Salatiga]. In Skripsi. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7585
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Suryanto, A., & Sa’adah, A. (2019). Analisis Pengambilan Keputusan Nasabah Pembiayaan Murabahah pada BMT Daarut Tauhiid Bandung. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 61–74.
Thoharudin, M., Suriyanti, Y., & Huda, F. A. (2019). Pengaruh Prosedur Pembiayaan Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Pada Bpd Kalimantan Barat Kcp Syariah Cabang Sintang. JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.31932/jpe.v4i1.420
Usnan. (2019). Penerapan Prinsip Akuntabilitas Dan Transparansi Pada Pengelolaan BMT Di Kota Surkarta ( Studi pada BMT Al-Madinah ). Jrka, 5(1), 83–95.
Vina, P., & Hutagalung, M. (2020). Pengaruh Trasnparancy Dan Accountability Terhadap Kinerja Perusahaan Pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Medan. Jurnal Al-Qasd, 03693, 173–182.
Viranda, J. A. (2019). Pengaruh Transparansi Dan Akuntabilitas Terhadap Efektivitas Program Pembangunan Desa Dengan Partisipasi Masyarakat Sebagai Variabel Intervening Pada Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin. In Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Yonasih, F. A. (2020). Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Terhadap Keputusan Menjadi Muzakki Di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Madiun. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Ponorogo, 68(1), 1–107. http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024