Pengaruh jumlah wisatawan terhadap jumlah objek halal tourism islamic pada sektor pariwisata di Kabupaten Pesawaran

Penulis

  • Riska Rohayatun Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Alifa Pringsewu, Indonesia
  • Budi Ihsan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Alifa Pringsewu, Indonesia
  • Riswan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Alifa Pringsewu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70371/jseht.v2i1.66

Kata Kunci:

Kata kunci : wisatawan, wisata halal,pendapatan

Abstrak

Penelitian ini masuk dalam kategori Penelitian Asosiatif Kuantitatif, yang bertujuan untuk memahami hubungan antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan field research, di mana data diperoleh secara langsung dari lokasi penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup pendapatan pariwisata, jumlah objek wisata halal tourism islamic, dan jumlah kunjungan wisatawan dari tahun 2016 hingga 2022 di Kabupaten Pesawaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara jumlah kunjungan wisatawan (X1) dan pendapatan sektor pariwisata (Y) di Kabupaten Pesawaran. Hal ini dibuktikan oleh nilai t-statistik sebesar 4,082 dengan probabilitas sebesar 0,002, yang mengindikasikan bahwa variabel ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan sektor pariwisata. Selain itu, juga terdapat hubungan positif dan signifikan antara jumlah tempat wisata halal tourism (X2) dan pendapatan industri pariwisata (Y) di Kabupaten Pesawaran. Ini terlihat dari nilai t-statistik sebesar 2,519 dengan probabilitas sebesar 0,029, yang menunjukkan bahwa variabel ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan industri pariwisata.

 

Referensi

Asmynendar, D. I. ., M. Marseto, and S. . Sishadiyati. (2021). Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto, Tingkat Hunian Hotel, Dan Jumlah Wisatawan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kota Batu. Al-Buhuts, vol. 17, no. 2, pp. 276-91, doi:10.30603/ab.v17i2.2280.

Cuplan, Fadhlur Rohman, M., & Fajri, M. (2023). Pengaruh Persepsi Wisatawan terhadap Keputusan Mengunjungi Objek Wisata Halal Bandung. Visionida, 9(1), 32–43. https://ojs.unida.ac.id/Jvs.

Fadlullah, Fadlan, and Hanny Nurlatifah. (2020). Pengaruh antara Electronic Word Of Mouth, Citra Objek Wisata, dan Wisata Halal terhadap Travel Intention melalui Attitude Toward Destination (Studi Kasus pada Pengambil Keputusan untuk Wisata Jadetabek). Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, vol. 1, no. 1, doi:10.36722/jaiss.v1i1.455.

Hardani, H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 162.

Noviarita, H., Kurniawan, M., & Nurmalia, G. (2021). Analisis Halal Tourism dalam Meningkatkan Laju Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Lampung. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 302. https://doi.org/10.29040/JIEI.V7I1.1574.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-12

Cara Mengutip

Rohayatun, R., Ihsan, B., & Riswan. (2023). Pengaruh jumlah wisatawan terhadap jumlah objek halal tourism islamic pada sektor pariwisata di Kabupaten Pesawaran. Jurnal Ekonomi Syariah Dan Pariwisata Halal, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.70371/jseht.v2i1.66

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama