PELAYANAN ANC BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN IBU HAMIL DI PUSKESMAS WATES PRINGSEWU LAMPUNG TAHUN 2022
DOI:
https://doi.org/10.70371/jala.v12i2.151الكلمات المفتاحية:
Antenatal care، Indeks Kepuasan، Ibu hamilالملخص
Pelayanan antenatal adalah pelayanan kesehatan oleh tenaga kesehatan untuk ibu selama masa kehamilannya, dilaksanakan sesuai dengan standar pelayanan antenatal yang ditetapkan dalam Standar Pelayanan Kebidanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan ANC berdasarkan indeks kepuasan ibu hamil di Puskesmas Talang Banjar Kota Jambi tahun 2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu suatu metode yang dilakukan dengan tujuan melihat gambaran tentang suatu keadaan secara objektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan ANC berdasarkan indeks kepuasan ibu hamil di Puskesmas Wates Pringsewu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang melakukan kunjungan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Wates Pringsewu yang berjumlah 806 ibu hamil. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil yang menunjukkan sebanyak 33 responden (38,4%) sangat baik, 35 responden (40,7%) baik, dan 18 responden (20,9%) tidak baik. Hasil penelitian ini mengindikasikan secara umum bahwa pelayanan ANC yang diberikan petugas sudah memberikan kepuasan pada 79,1% dan hanya sebagian kecil saja sebesar 20,9% yang belum merasa puas, sehingga dapat dikatakan bahwa pelayanan ANC yang diberikan sudah menunjukkan kinerja petugas kesehatan yang optimal.
المراجع
Alamsyah, 2011. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Penerbit Nuha Medika. Yogyakarta: visi + 150 hlm.
Ambarwati, E.R, 2009. Asuhan Kebidanan Komunitas. Penerbit Nuha Medika, Yogyakarta: viii + 187 hlm.
Arikunto, S, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta: xi + 370 hlm.
Hani, et.al. 2010. Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan Fisiologis. Penerbit Salemba Medika. Jakarta: 182 hlm.
KEPMENPAN, 2004. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.
Kotler, P & K.L. Keller, 2008. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Penerbit PT Macanan Jaya Cemerlang. Jakarta.
Muninjaya, G, 2004. Manajemen Kesehatan. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta: xxii, 263 hlm
Nissa, AA, 2013. Gambaran Kepuasan Ibu Hamil Terhadap Pelayanan Antenatal Care di Puskesmas Getasan Kabupaten Semarang.
Notoatmodjo, S. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. PT Rineka Cipta, Jakarta: vii + 208 hlm.
Nurmawati, 2010. Mutu Pelayanan Kebidanan. Penerbit CV Trans Info Media. Jakarta: viii + 159 hlm.
Pantikawati, I, 2010. Asuhan Kebidanan I (Kehamilan). Penerbit Nuha Medika. Yogyakarta.
Prabawa, 2005. Analisis Hubungan Antara Kondisi Pelayanan Dengan Cakupan Hasil Pelayanan Antenatal Care (ANC) Puskesmas di Kabupaten Deli Serdang.
Riyanto, A, 2009. Pengolahan dan Analisis Data Kesehatan. Penerbit Nuha Medika. Yogyakarta: vii + 159 hlm.
Riyanto, A, 2011. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Penerbit Nuha Medika. Yogyakarta: viii + 216 hlm.
Sabarguna, B,S, 2009. Buku Pegangan Mahasiswa Manajemen Rumah Sakit. Penerbit CV Sagung Seto. Jakarta: 216 hlm.
Saifuddin, 2009. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal Dan Neonatal. Penerbit YBP-SP, Jakarta.
Simatupang, E.J, 2008. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta: ix, 153 hlm.
Syafrudin, 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Untuk Bidan. Penerbit CV Trans Info Media. Jakarta: x + 145 hlm.
Tjiptono, 2003. Total Quality Management. Penerbit CV Andi Offset. Yogyakarta: xiv + 416 hlm.
Tjiptono. 2011. Service, Quality, and Satisfaction. Penerbit CV Andi Offset. Yogyakarta: xxii+ 506 hlm.
UU-RI Tentang Kesehatan No.36 Tahun 2009
Yulifah, R, 2009. Asuhan Kebidanan Komunitas. Penerbit Salemba Medika. Jakarta: 198 hlm.
التنزيلات
منشور
كيفية الاقتباس
إصدار
القسم
الرخصة
الحقوق الفكرية (c) 2023 Dewi Listiyorini, Meta Endimar Septiyana

هذا العمل مرخص بموجب Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.