PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP WISATA HALAL DI KABUPATEN PRINGSEWU
DOI:
https://doi.org/10.70371/jseht.v2i1.71Kata Kunci:
Perception; Attitude; Halal TourismAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Theory of Planned Behavior (TPB) mengenai pengaruh persepsi konsep pada sikap, persepsi perkembangan pada sikap pada masyarakat pringsewu tentang pariwisata halal. Rancangan penelitian ini deskriptif dan korelasional yang melibatkan 300 responden dari daerah pringsewu. mengumpulkan data melalui survei dengan mengisi kuesioner. Pengaruh persepsi konsep pada sikap masyarakat pringsewu tentang pariwisata halal . Penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh anatara persepsi terhadap sikap masyarakat terakait pariwisata halal. Persepsi masyarakat tentang pariwisata halal terletak pada fasilitasnya. Kriteria fasilitas termasuk dalam salah satu kriteria GMTI (Global Muslim Travel Index). Pemerintah diharapkan memprioritaskan pengembangan fasilitas wisata halal
Referensi
Fawaid, A., & Khotimah, J. (2019). Persepsi Dan Sikap Masyarakat Terhadap Wisata Syariah (Halal Tourism) Di Pulau Santen Kabupaten Banyuwangi. Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 18(1), 85. DOI:10.18592/al-banjari.v18i1.2532
Listyana, R., & Hartono, Y. (2015). Persepsi Dan Sikap Masyarakat Terhadap Penanggalan Jawa Dalam Penentuan Waktu Pernikahan (Studi Kasus Desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Tahun 2013). Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 5(01), 118–138. http://doi.org/10.25273/ajsp.v5i01.898
Oktradiksa, A. (2015). Analisis Persepsi Leadership dan Kewirausahaan dalam Mencapai Visi Teacherprenuership dan Entrepreneurship (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang). Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 10(1), 106–127. https://journal.unimma.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/77/40
Permadi, L. A., Darwini, S., Retnowati, W., Negara, I. K., & Septiani, E. (2018). Persepsi Dan Sikap Masyarakat Terhadap Rencana Dikembangkannya Wisata Syariah (Halal Tourism) Di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 39–57. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v2i1.3275
Sarwono, Sarlito W. (2009). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.
Surur, F. (2020). Wisata Halal: Konsep dan Aplikasi. Goa: Alauddin University Press.
Sutisna, I. (2020). Statistika Penelitian: Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Universitas Negeri Gorontalo, 1(1), 1–15. https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/4610/Teknik-Analisis-Data-Penelitian-Kuantitatif.pdf
Wahyuni, Dewi Urip. (2008). “Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek “Honda” di Kawasan Surabaya Barat.”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.10, No. 1.https://doi.org/10.9744/jmk.10.1.pp.%2030-37
Wijanarko, T. (2018). Pertumbuhan Pariwisata Indonesia Peringkat 9 Di Dunia - Travel Tempo.co. https://travel.tempo.co/read/1139099/pertumbuhan-pariwisata-indonesia-peringkat-9-di-dunia