PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP WISATA HALAL DI KABUPATEN PRINGSEWU

Penulis

  • Pratiwi Dian Rosita Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Alifa Pringsewu, Indonesia
  • Addini Alifa Anwari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Alifa Pringsewu, Indonesia
  • Rahmahwaty Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Alifa Pringsewu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70371/jseht.v2i1.71

Kata Kunci:

Perception; Attitude; Halal Tourism

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Theory of Planned Behavior (TPB) mengenai pengaruh persepsi konsep pada sikap, persepsi perkembangan pada sikap pada masyarakat pringsewu  tentang pariwisata halal. Rancangan penelitian ini deskriptif dan korelasional yang melibatkan 300 responden dari daerah pringsewu. mengumpulkan data melalui survei dengan mengisi kuesioner. Pengaruh persepsi konsep pada sikap masyarakat pringsewu tentang pariwisata halal . Penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh anatara persepsi terhadap sikap masyarakat terakait pariwisata halal. Persepsi masyarakat tentang pariwisata halal terletak pada fasilitasnya. Kriteria fasilitas termasuk dalam salah satu kriteria GMTI (Global Muslim Travel Index). Pemerintah diharapkan memprioritaskan pengembangan fasilitas wisata halal

Referensi

Fawaid, A., & Khotimah, J. (2019). Persepsi Dan Sikap Masyarakat Terhadap Wisata Syariah (Halal Tourism) Di Pulau Santen Kabupaten Banyuwangi. Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 18(1), 85. DOI:10.18592/al-banjari.v18i1.2532

Listyana, R., & Hartono, Y. (2015). Persepsi Dan Sikap Masyarakat Terhadap Penanggalan Jawa Dalam Penentuan Waktu Pernikahan (Studi Kasus Desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Tahun 2013). Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 5(01), 118–138. http://doi.org/10.25273/ajsp.v5i01.898

Oktradiksa, A. (2015). Analisis Persepsi Leadership dan Kewirausahaan dalam Mencapai Visi Teacherprenuership dan Entrepreneurship (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang). Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 10(1), 106–127. https://journal.unimma.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/77/40

Permadi, L. A., Darwini, S., Retnowati, W., Negara, I. K., & Septiani, E. (2018). Persepsi Dan Sikap Masyarakat Terhadap Rencana Dikembangkannya Wisata Syariah (Halal Tourism) Di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 39–57. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v2i1.3275

Sarwono, Sarlito W. (2009). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Surur, F. (2020). Wisata Halal: Konsep dan Aplikasi. Goa: Alauddin University Press.

Sutisna, I. (2020). Statistika Penelitian: Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Universitas Negeri Gorontalo, 1(1), 1–15. https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/4610/Teknik-Analisis-Data-Penelitian-Kuantitatif.pdf

Wahyuni, Dewi Urip. (2008). “Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek “Honda” di Kawasan Surabaya Barat.”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.10, No. 1.https://doi.org/10.9744/jmk.10.1.pp.%2030-37

Wijanarko, T. (2018). Pertumbuhan Pariwisata Indonesia Peringkat 9 Di Dunia - Travel Tempo.co. https://travel.tempo.co/read/1139099/pertumbuhan-pariwisata-indonesia-peringkat-9-di-dunia

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-12

Cara Mengutip

Rosita, P. D., Anwari, A. A., & Rahmahwaty. (2023). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP WISATA HALAL DI KABUPATEN PRINGSEWU . Jurnal Ekonomi Syariah Dan Pariwisata Halal, 2(1), 27–32. https://doi.org/10.70371/jseht.v2i1.71