تصميم المواد التعليمية للمحادثة لطلبة الفصل السابع والثامن في معهد محمدية الإسلامي جيتس فونوروكو 2022\1444

Penyusunan Bahan Ajar Materi Muhadatsah Untuk Siswa Kelas VII dan Kelas VII Pondok Pesantren MBS Jetis-Ponorogo 2022/1444

Penulis

  • Husni Mardian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Alifa Pringsewu, Indonesia
  • Marnoto UIN Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70371/jise.v3i1.73

Kata Kunci:

Materi Desain Bahan Ajar, Muhadatsah, Pembelajaran Muhadtsah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan karakteristik bahan ajar Muhadatsah untuk siswa kelas VII dan kelas VIII, dan juga dapat mengetahui efektifitas materi ajar yang disusun dalam pembelajaran Muhadatsah siswa kelas VII dan kelas VIII di pondok Pesantren MBS Jetis-Ponorogo setelah diujicobakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode Observasi, Wawancara, Tes, Kuesioner, dan Dokumentasi.  Hasil dari penelitian ini adalah tersusunnya buku ajar sebagai pegangan siswa, dalam penyusunan buku tersebut peneliti merujuk pada analisis kebutuhan dari hasil wawancara dengan guru dan siswa kelas VII dan Kelas VIII dipondok Pesantren MBS Jetis-Ponorogo. Diketahui bahwa buku bahan ajar ini terbukti layak, dilihat dari hasil penilaian para ahli 89%, hasil penilaian guru 94%, dan hasil penilaian siswa 85%. Diketahui bahwa buku pendamping ini terbukti efektif dilihat dari hasil Mann Whitney nilai sig. (2-Tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,05.

Referensi

Akrim. (2020). Desain Pembelajaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Barry White. (2011). Mapping Yours Thesis The Comprehensive manual of theory and techniques for masters and doctoral reseach. Australia: Acer press.

John W. Creswell. (2009). Reseach Design Qualitative, Quantitative anda Mixed Methods Approaches .Los Angeles: Sage Publication.

Marguerite G.loodico, Dean T Spaulding, Katherine H Voegtle. (2006). Methods In Educational Research From Theory to Practice. Amerika: Jossey Bas a Wiley Imprint.

Marguerite G.loodico, Dean T Spaulding, Katherine H Voegtle. (2010). Methods In Educational Research From Theory to Practice Second Edition. Amerika: Jossey Bas a Wiley Imprint.

Mark Balnaves and Peter Caputi. (2001). Introduction To Quantitative Reseach Methods An Investigative Approach. London: Sage Publication.

Meredith D Gal, Joyce P Gall, Walter R Borg. (2002). Education Research An Introduction Seventh Edition. America: Library Of congress in Publication data.

Muhammad Ridha Albar. (2020). Desain Pembelajran Untuk Menjadi pendidik yang Profesional. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Muhammad Yaumi. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Punaji Setyosari. (2020). Desain Pembelajran. Jakarta: PT Bumi Aksara, cetakan pertama.

Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2024-03-24