Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan kompetensi tenaga pendidik terhadap peningkatan mutu madrasah
DOI:
https://doi.org/10.70371/jise.v2i1.42Kata Kunci:
Kepemimpinan, Mutu Pendidikan, Kompetensi Tenaga PendidikAbstrak
Upaya peningkatan mutu madrasah dipengaruhi oleh beberapa faktor, dari beberapa faktor tersebut terkait dengan kepemimpinan kepala madrasah dan kompetensi tenaga pendidik. Kepemimpinan kepala madrasah dan kompetensi tenaga pendidik yang baik akan meningkatan mutu madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya: (1) Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap peningkatan mutu MTs Negeri di Bandar Lampung. (2) Pengaruh ko mpetensi tenaga pendidik dalam hal ini adalah guru terhadap peningkatan mutu MTs Negeri di Bandar Lampung. (3) Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan kompetensi tenaga pendidik terhadap peningkatan mutu MTs Negeri di Bandar Lampung secara bersama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dari populasi 163 tenaga pendidik diambil sampel dalam penelitian ini adalah 70 tenaga pendidik yang ditentukan secara acak (random sampling).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan nilai koefisien korelasi yaitu: Satu, kepemimpinan kepala madrasah terhadap peningkatan mutu madrasah sebesar 80,2%. Kedua, kompetensi tenaga pendidik terhadap peningkatan mutu madrasah sebesar 72,5%. Ketiga, kepemimpinan kepala madrasah dan kompetensi tenaga pendidik secara bersama-sama terhadap peningkatan mutu madrasah sebesar 84,5%. Hal ini membuktikan bahwa peningkatan kepemimpinan kepala madrasah dan kompetensi tenaga pendidik dapat meningkatkan peningkatan mutu madrasah. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh positif kepemimpinan kepala madrasah dan kompetensi tenaga pendidik terhadap peningkatan mutu Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) di Kota Bandar Lampung. Hal ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan peningkatan mutu madrasah harus senantiasa memperhatikan kedua elemen tersebut. Dengan kata lain bahwa peningkatan mutu madrasah dapat ditingkatkan seiring dengan peningkatan kualitas kepemimpinan kepala madrasah dan kompetensi tenaga pendidik.
Referensi
E. Mulyasa. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.
. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2008.
Syaiful Sagala. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2007.
S. Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 1997.
Umiarso dan Imam Gojali. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSOD. 2010.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Desnilawaty Dinal

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.